Rabu, 25 Mei 2011

Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dapat diartikan sebagai bantuan yang diberikan seseorang kepada orang lain dalam membuat keputusan yang bijaksana dan dalam penyesuaian diri, serta dalam memecahkan masalah kehidupan mereka. Bimbingan bertujuan agar penerima bantuan dapat berkembang mandiri dan mampu bertanggungjawab atas dirinya sendirinya. Jadi tujuan dasar bimbingan adalah mengembangkan potensi individu untuk memecahkan masalah-masalahnya dan membuat penyesuaian diri terhadap kehidupannya, sejauh batas kemampuannya.

Kapan bimbingan dibutuhkan..??
Bimbingan dibutuhkan pada saat keputusan untuk menentukan pilihan harus dilaksanakan.
·         Bimbingan merupakan bantuan untuk membuat keputusan yang bijaksana mengenai pilihan
·         Bila tidak ada pilihan pun bimbingan dapat diperlukan, ialah untuk membantu individu memahami dan menerima situasi yang tanpa pilihan ini
·         Bimbingan juga diperlukan pada saat orang tidak sadar bahwa ia mempunyai lain
·         Membantu seseorang yang dalam keadaan optimal untuk mengambil keputusan, misalnya: sedang depresi, sedang lelah berat, sedang kebingungan, atau sedang dipengaruhi oleh hal-hal lain yang membuat keputusannya kurang bijak.

Tujuan dari bimbingan dan konseling adalah :
·         Tujuan Remedial. Tujuan remedial adalah, bahwa tujuan ini diarahkan agar siswa berfungsi pada tingkat normal menurut kelompok dan budayanya. Tujuan ini berkaitan dengan menghilangkan kualitas-kualitas negatif orang tersebut.
·         Tujuan Peningkatan Perkembangan. Pusat perhatiannya adalah membantu siswa mencapai kemampuan psikologik semaksimal mungkin sesuai tingkat perkembangan pada usianya.
·         Tujuan Preventif. Tujuan preventif ini pada dasarnya adalah usaha untuk mengurangi kebutuhan untuk intervensi konseling remedial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar