Rabu, 25 Mei 2011

Pendidikan Orang Dewasa (Andragogi)

Perbaikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia memberi kesempatan dan dorongan bagi orang dewasa untuk belajar kembali.
Ada 4 hal yang perlu yang perlu diperhatikan dalam mengajar:
·         Membantu peserta didik agak bermotivasi untuk berubah
·         Membantu peserta didik untuk mencerna informasi dan pengalaman secara efektif
·         Menbantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dan sikap, atau ide-ide kreatif
·         Membantu peserta didik untuk mentransfer hal-hal yang dipelajari agar diterapkan dalam kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari
Kemudian, untuk menjalankan kesempatan untuk belajar itu perlu ada motivasi. Agar motivasi untuk belajar tetap terpelihara, pendidik perlu menciptakan suasana belajar yang positif dan menyajikan langkah-langkah yang mendorong peserta didik untuk ingin belajar dan ingin menerapkan hal-hal yang dipelajari.
1.       Menciptakan suasana belajar yang positif
2.       Mendorong keinginan untuk belajar dan menerapkan hasil belajar
·         Isi informasi sebagai sumber informasi. Bila materi pelajaran menarik atau memenuhi rasa ingin tahu, atau bila materi pelajaran erat hubungannya dengan penerapan, maka peserta didik lebih menaruh perhtiannya, belajar, dan menerapkannya.
·         Format informasi. Setiap orang memiliki cara tersendiri yang berbeda untuk memperoleh informasi dengan gampang, maka mereka juga menggunakan cara belajar yang tersendiri juga.
·         Urutan penyajian. Urutan penyajian juga dapat mempengaruhi pengaruhi motivasi belajar.
·         Nilai atau pandangan. Nilai hidup yang dianut peserta didik juga mempengaruhi kecepatan penyerapan informasi bagi peserta didik. Suatu hal yang sia-sia jika pengajar mengajarkan tetapi peserta didik tidak menerapkannya dalam kehidupannya.
Hasil belajar yang diperoleh dapat berupa
·         Pengetahuan, pemahaman dan kesadaran baru
·         Keterampilan, pola perilaku baru
·         Sikap, nilai-nilai, dan priorotas
·         Ide-ide kreatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar